Tips Menata Sangkar Lovebird


Berikut ini kita akan ulas bagaimana tips menata sangkar lovebird burung termasuk setting aksesoris yang ada di dalamnya seperti tempat minuman, pakan, tempat bertengger, kotak sarang (nest box) dan lainnya. Gambar di bawah ini adalah contoh susunan isi kandang/sangkar lovebird untuk breeder pemula.


Gambar sangkar lovebird/kandang beserta susunan perlengkapannya yang ideal

- Untuk keamanan burung  letakkan  kotak sarang   LoveBird  selalu pada posisi di atas baik pada kandang yang ukuran yang besar maupun yang kecil. Jangan meletakkan kandang di dasar sangkar. Pada sangkar yang berukuran besar letakkan posisi yang agak tinggi pula karena pada prinsipnya lovebird suka bersarang pada posisi yang lebih tinggi.

- Tempat injakan untuk bertengger letakan di depan kotak sangkar untuk memudahkan lovebird masuk kotak sarang.

- Latakkan wadah minuman di bawah kotak sarang lovebird.

- Letakkan wadah makanan berseberangan/agak jauh dengan air supaya makanan tidak terciprat air atau sebaliknya makanan masuk wadah air.

- Wadah tempat mandi burung (bathtub) letakkan pada sisi yang yang lain agar tidak kemasukan benda-benda seperti makanan.

- Cuttlebone (sayap cumi-cumi): ditempatkan di sudut kandang untuk mempermudah burung memakannya.

-  Makanan segar: tempatkan di bagian bawah kandang  untuk memudahkan lovebird mengambilnya.

Menjaga Bersihkan Kandang  LoveBird

Membersihkan sangkar/kandang lovebird   adalah bagian dari rutinitas sehari-hari peternak/breder untuk  mencegah infeksi bakteri, virus dan penyakit.Untuk memudahkan pembersihan kita taruh  koran bekas di atas nampan kotoran agar sisa-sisa makanan  dan kotoran mudah dan praktis kita bersihkan. Ini adalah contoh  nampan kotoran yang berfungsi menangkap semua limbah burung. Dengan meletakkan kertas di atas nampan itu akan lebih mudah bagi Anda untuk membersihkannya.




nampan kotoran lovebird

- Pastikan bahwa sekitar sangkar juga bersih dengan menyapu secara rutin.

- Jika tidak dimakan, keluarkan makanan segar seperti buah-buahan, Sayuran, dan makanan hijau dua jam setelah         kita masukkan kandang.
- Bersihkan tempat mandi burung /bathtub secara teratur

Dengan melakukan langkah sederhana ini, kita akan mampu menjaga lingkungan yang bersih bagi burung kita dan yang paling penting penangkaran kita akan menghasilkan hasil breeding yang berkualiatas